Sabtu, 28 Juli 2012

Kelemahan PHP


Selain berbagai kemudahan, PHP memiliki beberapa masalah atau kekurangan. Pertama, dari segi bahasa ia bukanlah bahasa yang ideal untuk pengembangan berskala besar. Kekurangan utama adalah tidak adanya namespace. Namespace merupakan sebuah cara untuk mengelompokkan nama variabel atau fungsi dalam susunan hirarkis. Misalnya, $ModuleA::ModuleB::c adalah variabel $c di dalam ModuleB, yang terdapat di bawah ModuleA. Modul lain, misalnya ModuleA::ModuleC atau ModuleD dapat memiliki variabel $c juga, tapi keduanya dua variabel berbeda. Di dalam ModuleB, variabel $c pertama dapat disebutkan hanya $c saja, tapi untuk merujuk pada variabel kedua, diperlukan nama lengkap $ModuleD::c. Di PHP ini tidak ada, jadi kadang programer mengakalinya dengan membuat nama seperti $ModuleA_ModuleB_c. Kekurangannya, nama panjang ini harus disebutkan di setiap waktu.
Kita juga tidak dapat membuat fungsi dalam fungsi atau kelas dalam kelas di PHP, semuanya hanya bisa terbatas satu level.
Sebagian pengguna lanjut mengeluhkan model objek PHP yang minim. Dibandingkan dengan Python dan Perl, PHP tidak memiliki multiple inheritance, kemampuan untuk mewarisi dari dua atau lebih kelas induk. Multiple inheritance dapat berguna untuk fleksibilitas dalam pengembangan OO. Java memang tidak memiliki multiple inheritance, tapi ada interface di Java. Di PHP ini pun tidak ada. Selain itu, belum ada penanganan eksepsi (raise, catch, throw) di PHP, dan kita tidak bisa memanggil metode/atribut secara berangkai, mis: $obj->meth()->meth2(). Hal lainnya, tidak ada destruktor (meskipun ada konstruktor).
Juga, karena model pemrograman yang embedded (tercampur dengan HTML), maka pengembang harus berhati-hati agar aplikasinya yang nanti menjadi besar tidak acak-acakan seperti mie. Ketercampuran ini dapat mengurangi modularitas, reuse, dan memberatkan maintenance. Karena itu untuk aplikasi berskala menengah ke atas perlu ditempuh upaya pemisahan kembali antara template HTML dan kode/logika, antara lain dengan sistem template.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

listen ! dengan mendengar, suatu perasaan akan terbit dari fikiran, yang akan membawa sebuah keinginan untuk selalu ingin tahu apa yang belum di ketahui. pengetahuan itu luas, jangan kau berhenti sebelum mengenal dan menggenggam dunia di telapak tangan mu !